Perjalanan Makna….

pertama

Sahabat Sinergi yang baik hati…
Setiap ikatan butuh perekat,
selalu melakukan perbaikan & peningkatan adalah ciri orang hebat ,
bahkan sekumpulan orang hebat pun masih butuh pembekalan dan nasehat…
Atas dasar itu lah, kami BEM FMIPA Kabinet Sahabat Sinergi bertekad untuk
selalu melakukan yang terbaik,
menyiapkan pembekalan sejak awal, dan mengakrabkan jiwa” ini samapai tak hanya sekedar kenal..
Maka kita pun mengagendakan sebuah acara yang akan menguras energi, pikiran, perasaan dan waktu namun pastinya sangat seru, serta sarat makna…..dimana banyak orang sering menyebutnya “UPGRADING”.

*punten fotonya kurang sinkron, blm pny dokumtasinuya (maklum aja ya..oje..oke)

Minggu, 17 Februari 2013
Kampus Science, Institut Pertanian Bogor

Yap…hari itu adalah hari yang telah Sahabat Sinergi (selanjutnya disebut ‘kami’) agendakan untuk menikmati UPGRADING BEM G.

04.30                   #kostan
Hujan rintik” menyambut dinginnya pagi itu, menyapa denyutan nadi saat pertama membuka mata.
Syukur yang terucap seakan menjadi tanda bahwa cuaca ini tak dapat menggetarkan dan mengalahkan semangat kami untuk terus mengarungi petualangan hari ini.
Memakai kostum berlengan panjang, penutup mata, minuman, obat pribadi, baju ganti, dan peralatan lain yang sekiranya diperlukan harus dibawa, serta jarkom dadakan untuk membawa 2 sarung setiap departemen…zzz prepare your self!!

06.30++               #Pomi
Waktu yang seharusnya telah kita sepakati untuk memulai, dengan terpaksa sedikit kita ingkari. Ini  kesalahan umum yang harus kita sadari kawan, ingat “satu2nya sumber daya yang tidak bisa kembali adalah waktu”, saatnya kita belajar menghargai waktu, jangan mau disetarakan dengan keledai, yang terbiasa  jatuh dilubang yang sama. Dalam kondisi itu, kita akhirnya menunggu sahabat lainnya yang bersusulan datang. Disaat yang sama, tim trainer sedang mempersiapkan games&bekal yang akan diberikan kepada kita di lantai 2. Oh iya marilah kita sambit, eh kita kenalkan trainer kita yang telah terkenal di dunia maupun di a…….stronot , terdiri dari Fahri Amirulloh (Ketua BEM G 2012), Dimas Arifin (Ketua DPM G 2012), Iif Miftahul Ihsan (Kadept Internal BEM G 2012), Ikka Wulandari (Bendahara Internal BEM G 2012), Yunan Nursyahbani (Kadept Adkesmah BEM G 2012), Indah Herlawati (Sekum BEM G 2012), Puji Rahmatul Aliyah (Sekdept Sosling BEM G 2012), Ima Rahmawati (Sekdept MBM BEM G 2012), Seny Kurnia (Sekdept Internal BEM G 2012), M Rizky Perceka (Kadept Sainstek BEM G 2012), dll
*punten klo ada kesalahan penulisan huruf dan yang belum dimasukkan
Mereka adalah para trainer yang sangat berkompeten dibidangnya masing”..^^

Menjelang pukul tujuh acara kita mulai dengan duduk melingkar makan-makan, minum-minum, kenal-kenal..yup kembali kita saling memperkenalkan diri untuk lebih memantapkan ikatan perkenalan&persahabatan yang telah ada. Diwarnai dengan perkenalan lugu beberapa sahabat..hehe J that’s no problem itulah karaktermu..
#namun yang mungkin agak terlupakan tapi sangat luar biasa di balik layar adalah sahabat” internal yang rela datang lebih pagi, menyiapkan konsumsi, menghubungi trainer, menyiapkan alat, survey tempat, dan lain sebagainya…oke pelajarannya adalah kerja kita adalah kerja ikhlas, tak harus diketahui orang.

07.30         #parkiran pomi
Sepertinya telah banyak saya menulis tapi belum mulai juga games nya..oke inilah saatnya (saya harus to the point).
POS 1
Diawali dengan basmallah di sini ada master Fahri yang membimbing.
Perkenalan awal dengan sikap sempurna.
Tantangan Pertama : Membentuk kelompok
Sepertinya mudah, tapiiii…ini syaratnya wow sesuatu, bentuk 7 kelompok dalam waktu TIGA MENIT (limit), tak boleh ada yang sedepartemen dalam BEM maupun dalam FMIPA. Meskipun sudah dicoba untuk diarahkan tapi memang kenyataannya susah memang, dan tak terbentuk satupun kelompok yang ideal (sebenarnya sudah terlihat ketika baris per departemen ada yang satu departemen lebih dari 7 orang, ya jelas lah! Tapi memang itulah tantangan). Ya bagaimana pun hasilnya, itulah tim nya. Selanjutnya kembali kita dituntut untuk menentukan nama kelompok, ketua dan jargon dalam waktu yang sama. Hari itu saya ditakdirkan bergabung dengan kelompok 7(the last but not the least) bernama kelompok “Belalang Tempur”, ketua Budi (Sainstek), dan jargon lagu pok ame-ame.
(Bayangkan sendiri lah ada shopi-kstrd, putri-int, anis1-int, amal-adksmh, fanni-sosling, yani-sosling, citra-mbm dan sisanya*maaf klo ada).
Pelajarannya adalah kita harus kerja cerdas, cepat mengambil keputusan, inisiatif, siap diatur dan mengatur serta aktif kreatif dalam setiap permasalahan. Nice!
Memasuki game pertama yaitu main sepak sepatu pake sarung bareng” gawangnya kaki manusia pria.
(ga bisa ikut karena saya menjadi 1 pria yang tersisa di kelompok BT)..gpp msh bisa kasih semangat!!
Tapi sebelumnya setiap ketua kelompok lari 2 putaran pomi-CCR, dan dilanjutkan lomba sprint lagi dengan rute yang sama. Sekali lagi, hanya Ketua kelompok..why?? because something..Oke semangat budi meski akhirnya udin sanwa yang menyelesaikan paling awal. No problem, you do the best!
Pelajarannya adalah seorang pemimpin seharusnya adalah yang paling kuat, paling siap dan paling teruji karena beban amanahnya paling besar. Saling pengertian dan berbagi dalam setiap kerjasama yang dilakukan untuk mencapai tujuan. Meskipun diwarnai dengan tragedi “Putri yang terjatuh” dan “Sepatu merah yang teraniaya”. Itulah warna kehidupan, nice!

09.00           #samping asrama sylva
POS 2
Setelah menunggu 4 kelompok yang take off duluan, kita saling adu jargon. Dapet titipan inspirasi “Aku titipkan Indonesia dipundakmu…”brrrrr…at!. Dan akhirnya kita lanjutkan perjalanan bersama-sama melewati gunung fahutan (tragedi si rudi, roboh tanpa sebab..hehe),  lembah alhur, dan masuk gerbang pintu perumdos. Sampai di pos 2, wah kita mesti nunggu dulu nih kelompok sebelumnya blum slesai. Gpp lah ada tontonan bikin adonan tepung manusia..haha (-rusuh mereka-pst ada ando :P). Game nya adalah melewati trek tali raffia yang dibuat sedemikian rupa sehingga kita harus mennunduk, merangkak, tiarap, lompat dengan mata tertutup dan saling bersambungan tidak boleh lepas serta tak boleh menyentuh sedikit pun talinya. Oke karena kita telah melihat beberapa kelompok awal tak sukses, maka budi berpikir (…….ting!!!), kita pakai tali raffia untuk penyambungnya jadi kerja kita satu beres, tinggal focus ke trek nya. Dan buktinya kelompok belalang tempur menjadi kelompok terefisien dan terjauh..alhamdulillah. Meski tetap tak dapat menghindar dari guyuran tepung.
Oke pelajarannya, lagi-lagi kita dituntut kerja cerdas, taat pada pemimpin ato siap diatur dan mengatur.
Namun pelajaran yang terpenting => kesalahan adalah kesalahan, sekecil apapun itu tetaplah kesalahan dan tetap ada konsekuensinya, harus disadari dan diperbaiki untuk tidak diulangi. Lagi-lagi..Ayo sadar!!

10.00            #hutan karet cikabayan
POS 3
Come on, next trip J..setelah melewati licinnya menuruni tebing menuju TKP, dengan dibumbui kepleset, saling berpegangan untuk menopang agar tak jatuh, saling menjaga dan canda tawa yang terurai. Mungkin inilah pesannya..
game selanjutnya adalah merusak sepatu..hehe entahlah namanya #begitu kata trainernya..
Pertama kita melewati lumpur, merangkak semua dan akhirnya yang cowok terus melanjutkan perjalanan melewati kubangan air lumpur setinggi dada dengan membawa satu tas (ceritanya kita menyelamatkan ta situ agar terjaga kekeringannya). Sampai diseberang, sudah ditunggu para bidadari (yang cewek maksudnya) dan dinilai tasnya,,,,kelompok belpur dinobatkan menjadi kelompok terkering meskipun tetep ada basahnya..
pelajaran yang diperoleh adalah dalam menjalankan amanah nanti kita samarata, saling merasakan, bareng” susah senang, duka, bahagia, senyum tangis, tawa bersama. Dan bentuk kontribusi itu banyak, bisa kehadiran, semangat, ide dan inisiatif lainnya. Kita juga tak boleh iri dengan tanggung jawab yang mungkin berbeda nantinya, karena memang disesuaikan dengan kondisi dan kapasitas kita. Yang jelas, tujuan itu harus terus tercapai, meskipun pastinya basah/bermasalah beresiko, yang dapat kita lakukan adalah meminimalisirnya..nice..semangat sahabat!!

11.00           #sungai dekat kandang rusa
POS $
Next di pos terakhir setelah menuruni bebatuan yang tajam dengan sepatu yang telah tak berbentuk, kotor dan kusam, hanya bisa dibawa ditangan. Sampailah pada pantai….eh hulunya pantai (read: sungai).
Sambil nunggu permainan kelompok sebelumnya usai kita jadi bapak” dan ibu” nyuci sepatu dipinggir sungai..so sweet dah. Dannn kita dapat merasakan sejuk dan segarnya menyelam di air, membersihkan sekaligus mendinginkan badan kami yang telah bersatu dengan segala reaksi aktifitas (read: keringat, limpurm tepung, dsb..hmm). Permainannya adalah mengisi sepatu dengan air yang diambil dengan tangan secara estafet setiap kelompok. Tak taulah siapa pemenangnya yang jelas pelajarannya adalah kerjasama, strategi, antusias, semangat dan kerja keras. Tak perlu memusingkan hasil akhir, yang jelas kita harus terus berusaha sampai titik darah penghambisan terakhir.
Oke guys, setelah permainan ini selesai kita akhirnya berkumpul kembali semua kelompok untuk diberikan wejangan, nasehat, evaluasi layaknya muhasabah diri dalam posisi sikap sempurna dan mata tertutup sampaem i teriakan rintik hujan kembali terdengar.
Pembahasnnya adalah semua inti pelajaran yang telah disampaikan kan yang jelas perlu diingat adalah bukan permasalahan gimana gamesnya, siapa pemenangnya tapi bagaimana emosional kita bisa kita bawa dalam setiap pemahaman makna dari setiap aktivitas yang kita jalani. Karena sesungguhnya banyak hal yang dapat kita ambil pelajarannya setiap hari.

12.30         #alhur
Semuanya berjalan bareng menuju samping Alhur untuk sarapan siang, ketika kita jalan bareng, sambil ngobrol saling canda ternyata tak terasa sampai juga, dengan bnaluri masing-masing kita membentuk posisi makan tanpa dikomando. Tararaaaaa…makanan dating dan lansung kita melahapnya bareng”, banyak yang double gpp lah yah namanya juga cowok dan capek+laper…asalkan tidak berlebihan.

Itulah mungkin akhir cerita kita di hari yang indah ini, yang cukup melelahkan, mengotorkan tapi seru, fantastik dan sarat makna. Alhamdulillahirobbil alamin…..

Semoga ini semua menjadi bekal bagi kita Sahabat Sinergi untuk dapat selalu belajar, melakukan perbaikan diri, saling akrab mengenal, menjaga persahabatan dan memberi yang terbaik di setiap saat dan dimanapun kita berada.

Terimakasih berat kepada para kakak” trainer yang super atas semua pelajarannya.
Semangat bagi sahabat” semua dalam mengarungi samudra BEM FMIPA 2013 ini, semoga kita menjadi generasi terbaik yang bisa kita lakukan.

Boleh lah saya juga berkata, “Saya titipkan masa depan dan kejayaan FMIPA di pundak kalian
(all of you sahabat sinergi…take your passion, make an action and creation)

–BERSAHABAT MENJADI HEBAT-

Category: my way  703 Comments

Draf anda sudah diubah…trus??

Sobat dunia yang masih menikmati indahnya hidup ini,

kalian tahu surat elektronik??

Pasti pada tahu lah ya..orang biasa menyebutnya e-mail.

Sekarang ini hampir semua kalangan membutuhkan atau memakai jasa e-mail dalam berbagai aktivitas hidupnya, mulai dari kegiatan perkantoran, aktivitas pendidikan (contoh: sarana ngirim tugas mahasiswa^^), komunikasi jarak jauh, dan masih banyak lagi.

Bahkan untuk bergabung ke jejaring sosial yang sedang marak saat ini saja, kita harus memasukkan akun e-mail untuk registrasi dan sign in nya..

Wah makin penting aja posisi surat elektronik ini di mata dunia..:-)

 

Namun sebenarnya bukan itu pokok pembicaraan yang ingin ane  sampaikan kan, mas’e mbak’e..hehe tapi tetap bersangkutan kok, tenang aja..

Oke, to the point aje ye..salah satu penyedia jasa e-mail yang cukup populer adalah GMAIL,

pastinya sudah tidak asing di telinga mas’e mbak’e kan,

apalagi e-mail ini menjadi “satu tim” dengan google (mesin pencari yang

telah mendapat gelar mbah..^^).

Hampir setiap hari banyak sekali yang menikmati jasa layanan surat elektronik ini, termasuk ane sob,, dan semuanya berjalan baik.. namun, beberapa hari yang lalu ane menemukan sedikit kegalauaan sob, ketika ane masuk ke menu draft, lalu meng-edit sedikit isinya yang akan ane kirim ke seorang teman, ada pesan yang ane lupa, maka ane keluar dulu untuk melihatnya di kotak masuk..

dan apa yang terjadi sob……….,

muncul kotak dialog dibawah ini

Yang membuat ane bingung,

sudah jelas sekali tanpa bisa diganggu gugat bahwa “Draf anda telah diubah”!!!

nah pertanyaan yang dimunculkan : “Abaikan perubahan?”

dan pokok bahasan yang membuat ane bingung adalah pilihan responnya

1.Oke (setuju,dan tidak ada masalah)

2.Batal (apanya yang batal? Draf sudah diubah)

3.Klik X= exit (keluar begitu saja, seakan tak terjadi apa-apa, tapi draf tetap sudah diubah)

What?? Ga ada pilihan lain apa ya..misal lihat perubahannya, atau membatalkan perubahannya, atau apalah gitu supaya sesuai dengan pepatah bahwa hidup adalah pilihan…hmm

Meskipun tidak sengaja menemukan tapi bahasan ini sangat sangat banget berkaitan dengan user interface(UI) atau mudahnya kenyamanan pengguna.

(alhamdulillah pas banget lagi dibutuhkan..^^)

Mungkin lebih baiknya, tidak perlu dimunculkan pertanyaan disitu, cukup pemberitahuan saja, karena sangat tidak efektif jika semua pilihan yang mungkin memberikan efek yang sama..mubazir kata pak ustadz..^^

Yah semoga saja apapun perubahannya di draf, semoga menuju arah yang lebih baik..
amin..(apa coba..hehe)

Sekian, matursuwun..

Category: Academic  112 Comments

Ruang Baru dalam Hidupku, Kesempatan dalam Kebaikan

Dua Belas Desember Dua Ribu Sebelas, selebaran open rekruitmen salah satu lembaga kemahasiswaan Fakultas Matematika Institut  Pertanian Bogor itu diedarkan di setiap kelas  seluruh departemen dan seluruh angkatan. Tak ketinggalan juga kelasku, Ilmu Komputer angkatan 47. Terpampang jelas sekali maksud selebaran itu dengan tulisan yang besar tak bertele-tele  yang mudah dipahami, tentunya setiap insan di kelas ini mendapat giliran untuk memegang dan mengetahui isi pengumumannya. Dan setiap orang pasti memiliki reaksi yang berbeda-beda, ada yang menjadi antusias penuh semangat karena sesuatu yang ditunggu-tunggu telah tiba, ada yang bingung atau galau antara iya tidak untuk mendaftar, ada yang penasaran ingin mengetahui informasi lebih lanjut, tapi ada juga  yang tanpa reaksi atau biasa saja tak tertarik sedikit pun bahkan menganggapnya tak banyak berarti untuknya..(jangan mau menjadi mahasiswa apatis yaa,minimal tahu lah..^^)

Setiap mahasiswa FMIPA IPB angkatan 46 dan 47 memiliki kesempatan yang sama untuk mengambil bagian didalamnya. Dan ternyata dari kelasku ada 10 orang yang mendaftar (sepengetahuanku, maaf ya yang g ku ketahui), salah satu dari mereka tak lain dan tak bukan adalah Edo Rahardi Permana atau sebut saja aku semdiri.he.. Meski sempat bimbang, dengan mengucap bismillah akhirnya aku mengumpulkan formulir pendaftaran 5 menit sebelum batas pengumpulan ditutup.(19:55 16-11-2011). Sehari kemudian tes wawancara dimulai, tetapi aku tak kunjung mendapat sms dari tim formatur. Setelah sholat Isya’, kebetulan aku ada urusan di sekret SC BEM FMIPA, dan ketika sampai disitu seorang temanku mengatakan bahwa tes wawancara hanya dilakukan malam itu. Dan ternyata benar tak berselang lama, handphone ku bergetar sebuah sms diterima. Isinya kurang lebih begini “Ditunggu smp jam 20.30 untuk wawancara @pomi skrg”, kulihat waktu di hp sudah menunjukkan pukul 20.18, tinggal 12 menit lagi kesempatan itu.(tak terbayangkan kalau saat itu masih dikontrakan,mungkin sudah males..hehe).

Prosedur pertama mendaftar dan cek formulir, dengan sedikit ada “kejutan” dan menunggu panggilan akhirnya aku mulai diwawancara oleh kak Yunan 46. Meskupun sedikit “dikerjai” tetapi percakapan kami seakan nyaman. Tak lama kemudian sesi wawancara ditutup, karena memang aku menjadi 5 pendaftar terakhir mungkin, sementara teman-temanku ilkom sudah wawancara sejak jam 18.45(awal vs akhir..he). Esok harinya adalah masa pengumuman siapa yang akan berkesempatan menjadi pengurus BEM FMIPA tahun 2011/2012 dari kurang lebih 120 orang yang mendaftar hanya akan diambil 30-40 orang. Tapi tentunya entah masuk atau tidak dalam kepengurusan, semua pasti akan tetap berkontribusi untuk FMIPA jaya, IPB satu dan Indonesia raya karena semua adalah orang-orang hebat dan luar biasa.

“Dan akhirnya, sms itu dikirimkan kepada mereka yang punya kesempatan lebih. Alhamdulillah aku termasuk salah satu yang mendapatkannya. Innalillahi wainna ilaihi rojiun. Sebuah amanah yang tentunya itu tidak mudah, bukan ajang untuk sombong dan bukan sesuatu yang berhak ditelantarkan begitu saja. Tugas baru yang harus aku masukkan dalam catatan aktivitas sehari-hariku yang juga akan menuntut bagian waktu, tenaga, pikiran, dan harta. Hanya keikhlasan dan kesabaran yang akan mengatarkan ini semua menjadi berkah Alloh subhanallahi wa ta’ala. Enam orang dari ilmu komputertelah mendapat amanah baru, dan telah bergabung dalam kepengurusan BEM FMIPA IPB tahun 2011/2012. Semoga kita semua diberi kekuatan oleh Alloh untuk dapat menjalankan amanha ini dengan sebaik-baiknya dan dapat berkontribusi serta bermanfaat untuk warga FMIPA, warga IPB, lingkungan sekitar, pertanian Indonesia dan tentunya membawa perubahan kemajuan bagi bangsa Indonesia yang kita cintai ini.”

 

Category: my way  Leave a Comment

Meniti Asa yang Sempat Hilang

           Entah sudah berapa lama, raga ini, hati ini dan pikiran ini tak menikmatinya. Jika diibaratkan dengan rumah mungkin kondisinya sudah sangat usang, banyak sawang di atas dan setiap pojok atap dinding, debu kotoran berserakan dimana-mana, bau tak sedap serta tentunya berantakan tak tertata rapi membuat setiap yang melihatnya menjadi enggan. Memang itulah kenyataannya, dan itu yang benar-benar terjad padaku teman. Sebuah fase yang aku lewati, yang mungkin aku menganggapnya memang harus aku lewati sebagai sebuah pelajaran untuk tak mengulanginya lagi.

Hasilnya??Apa yang kuperoleh?? Seperti inilah refleksinya.Semangat itu semakin tenggelam, logika itu mulai terkikis, prinsip itu mulai tergoyahkan, kesempatan itu banyak terlewatkan. Bahkan keadaan semakin gelap gulita, karena sejalan dengan itu pemahaman semakin kabur, pengetahuan semakin menyempit, kelalaian semakin merajalela, dan kontribusi ini makin kendur. Entah apa yang telah terjadi padaku, tak tahu mengapa aku berani  mengambil langkah itu, tak mengerti makhluk darimana yang mempengaruhiku, tapi itu semua sudah kulalui menjadi sebuah catatan yang tak akan pernah bisa kuhapus, tapi bisa kujadikan pijakan untuk menorehkan tinta di lembaran baru tentunya dengan tema dan isi yang lebih baik, bahkan harus jauh lebih baik.

Jika boleh berandai-andai meski itu tak akan pernah bisa terjadi, seandainya aku bisa kembali ke waktu itu dan mengulang setiap kejadian yang seharusnya tidak aku lakukan. Ehm, CUKUP lah!!
“Tak usah aku terus memikirkannya dan larut dalam penyesalan. Yang harus aku lakukan yaitu SEGERA BERGERAK!!”

Yup benar! Hanya itu yang akan dapat membuatku keluar dari situasi ini. Kembali ke jalan itu, jalan yang hanya dipilih oleh sebagian kecil orang, orang-orang terpiliih yang bisa bertahan melewati jalan-jalan terjal penuh liku.

Ya jalan itu…., jalan yang seharusnya tetap aku pilih, selalu ku lalui dan ku pertahankan…
Jalan menuju kekuasaan Tuhan, Allah subhanallohu wa ta’ala.

Allahuakbar!! Allah Maha Agung!
Beruntung sekali aku dipertemukan dengan orang-orang yang luar biasa, teman-teman yang selalu menjadi pengingat dan menjagaku untuk tidak tertarik arus yang sangat kuat keluar dari lingkaran indah kebaikan itu. Sungguh ini kuasa Allah yang telah mengatur semua ini. Nikmat-Nya sungguh tidak terhitung. Ampunilah dosa hambamu selama ini Ya Allah..
Ajari aku menjadi hambamu yang pandai bersyukur..
Alhamdulillah aku menemukannya kembali, sesuatu yang sebenarnya sangat aku rindukan dapat aku rasakan kembali. Kuatkan aku dijalan ini Ya Allah, istiqomahkan aku untuk terus…

                    “Meniti jalan ini, Meniti asa yang sebenarnya menuju jalan indah Mu..”

Category: my way  69 Comments

Semua tergantung kita

Ada seorang pemuda. Dia tertarik dengan balap sepeda. Setelah mengumpulkan uang, akhirnya dia mampu membeli sebuah sepeda balap.Dengan senang hati, dia mencoba sepeda balap tersebut. Setelah beberapa hari mencoba, dia kecewa berat. Dia tidak bisa mengendarai sepedanya dengan kecepatan tinggi. Bagaimana pun dia mengayuh, tetap saja sepeda berjalan dengan lambat. Akhirnya dia membawa sepeda tersebut ke tempat dimana dia membelinya.

“Pak, Anda menipu saya! Katanya ini sepeda balap, koq larinya lambat banget. Bahkan kalah oleh sepeda biasa.” katanya sambil marah-marah kepada penjual sepeda. “Yang benar pak? Padahal pembalap nasional saja menggunakan sepeda seperti ini. Mereka bisa cepat koq?” kata penjual sepeda, keheranan.

“Buktinya? Saya sudah sekuat tenaga mengayuh, tetap saja lambat.” katanya menaikan nada suaranya. “Mungkin ada yang rusak pak. Boleh saya periksa?” tanya penjual sepeda tetap tenang.

Kemudian dia memeriksa sepeda. Setelah beberapa saat dia berkata:

“Tidak ada yang rusak pak, kondisinya 100% .” “Tapi.. kenyataannya? Sepeda itu lambat! Coba saja sendiri jika tidak percaya.” kata pemuda tersebut tetap pada nada tinggi. “Baik pak, akan kami coba.” kata penjual sepeda sambil memberi isyarat kepada anak buahnya untuk mencoba sepeda tersebut.

Wussss…. setelah beberapa saat, sepeda itu melaju dengan kencangnya. Jelas saja membuat pemuda tadi bengong.

“Koq bisa yah?”, kata pemuda tadi bingung.

“Silahkan dicoba lagi. Saya mau lihat cara Anda membawa sepeda.” kata penjual sepeda sambil tersenyum lega, sebab sepedanya memang tidak apa-apa.

Pemuda tersebut mencoba mengayuh sepeda. Dia mencoba mengayuh dengan cepat dan sekuat tenaga. Memang benar, sepedanya tidak melaju dengan cepat. Usaha si pemuda mengayuh sepeda terlihat sia-sia karena sepedanya tidak juga melaju dengan cepat. Akhirnya, dengan badan penuh peluh, dia menghampiri penjual sepeda.

“Apa yang salah yah?”, katanya sambil tetap bingung.

Penjual sepeda tersenyum. Dia sudah menemukan dimana letak kesalahannya.“Secepat apa pun Anda mengayuh, kecepatannya tidak naik dengan berarti jika Anda tetap di gigi satu.” kata penjual sepeda menjelasnya.

“Oh… jadi harus pindah gigi yah? Bagaimana caranya?”, kata pemuda tersebut sambil menahan malu. Mukanya merah padam. Jika tadi merah karena marah, sekarang merah karena malu.

Mengapa pemuda tersebut hanya menggunakan gigi satu? Betul, karena dia menganggap sepeda itu hanya memiliki satu gigi. Bagaimana pun dia bekerja keras, dia tetap saja menyia-nyiakan potensi sepeda itu sebenarnya. Begitu juga dengan kita. Kita akan bertidak sesuai dengan anggapan kita terhadap diri kita. Jika kita menganggap bahwa potensi kita hanya sebatas apa yang sudah kita dapatkan, mungkin kita juga menyia-nyiakan potensi diri kita sebenarnya

Category: Academic  5 Comments

Perubahan itu POSSIBLE

Setelah 20 tahun terpisah,sama-sama berjuang menapaki jalan kehidupan pasca menyelesaikan pendidikan menengah atas,36 orang itu kembali berkumpul di serambi rumah Ardi,mantan ketua kelas sewaktu SMA. Di usia mereka yang rata-rata sudah menginjak 40 tahun,tampaknya tidak terlihat suasana yang berbeda dengan semasa SMA dulu,tetap dihiasi canda tawa,tingkah energik,tindakan jail dan tepuk tangan yang membuat gaduh suasana,persis ketika di dalam kelas dulu. Setiap orang diberi kesempatan berbicara,entah itu menyampaikan perjalaanan hidupnya setelah lulus SMA,menceritakan keluarganya,sebuah kenangan semasa SMA atau sekedar bercerita lucu menghibur lainnya. Mereka menikmati acara malam itu karena dapat bernostalgia masa-masa SMA yang katanya masa-masa yang paling indah.

Suasana berubah menjadi agak tegang dan mengharukan ketika Setya mendapat giliran berbicara. Memang wajah heran telah tampak diraut muka teman-teman lainnya semenjak pertama berjumpa di awal acara tadi. Betapa mengejutkan memang, Setya yang dulu dikenal sebagai pelajar gaul dengan kehidupan dan penampilan glamournya karena memang dia dilahirkan oleh orang tua seorang pengusaha terkaya di daerah ini, sekarang hadir di tempat reuni itu dengan pakaian batik dan celana yang sangat sederhana tanpa ada accesoris tambahan. Semua tanda tanya yang muncul itu terjawab juga setelah mendengar dengan seksama cerita yang dituturkan sendiri oleh Setya. “Sebenarnya aku sudah diterima dan masuk di salah satu PTN terbaik di negri ini, tentunya lewat pintu belakang. Bahkan aku masih sempat menikmati kehidupan glamour seorang mahasiswa meski hanya selama 1 tahun.”aku Setya,mengawali cerita mengharukannya. “Namun semua itu berubah drastis 180 derajat setelah perusahaan ayahku mengalami kerugian besar karena ditipu rekan kerjanya, sampai akhirnya tidak lama kemudian gulung tikar.”tambahnya. Peristiwa itu lebih diperparah oleh sakit parah ayahnya, yang mungkin shock dengan keadaan itu. “Awalnya aku sempat memaksa untuk tetap tampil bergaya, tapi tak bisa bertahan lama. Keadaan memaksaku merubah semuanya”suaranya mulai bergetar dan sesekali menelan ludah mengenang peristiwa menyedihkan itu. Semenjak itu Setya menjalani kehidupan sebagai rakyat miskin, terpaksa kuliahnya juga ia tinggal sebelum sempat wisuda. Karena malu tidak adanya pekerjaan yang menurutnya sesuai dengan kalangan orang elit,dia pun menganggur beberapa bulan dan menggantungkan hidupnya pada pemberian pamannya. Namun tak berapa lama pamannya meninggal dalam suatu kecelakaan motor.

Seketika itu juga suasana menjadi semakin hening, beberapa orang bahkan sudah tak kuasa meneteskan air matanya. Tiba-tiba Arman menyela, “Sudahlah Ya(pangggilan Setya), jangan kau teruskan lagi cerita 2-3 tahun yang lalu itu. Sepertinya teman-teman akan lebih senang mendengar ceritamu semenjak 1 tahun yang lalu.” Aneh sekali perkataan Arman, mantan pelajar yang paling nakal dan selalu mendapat peringkat terbawah di kelas itu, sehingga teman-teman yang lain menjadi penasaran kenbali. “Benar kata Arman, sepertinya memang yang paling penting aku ceritakan kehidupanku sejak setahun yang lalu, semenjak aku bertemu kembali dengan Arman.”tegasnya setelah menghela nafas panjang. “Tak usahlah kau bawa namaku,Ya.”sahut Arman. ”Tapi memang benar segalanya mulai berubah sejak aku bertemu denganmu di masjid itu.”

Meskipun terlihat nakal di kelas dan selalu menempati peringkat teratas dari bawah, ternyata di luar itu Arman mempunyai kepribadian baik dan ulet. Sikap berbakti kepada orang tuanya tidak pernah luntur, terbiasa membantu pekerjaan rumah. Lebih membanggakan lagi ia mulai merintis usahanya menjual pakaian dan accesoris di setiap kesempatan yang ada, modalnya itu pun ia dapat dari menjadi loper koran, tukang parkir sampai kuli bangunan. Sampai akhirnya setelah lulus,dia sangat percaya diri tidak akan melanjutkan ke bangku kuliah dan akan berkonsentrasi mengembangkan usahanya, meskipun ibunya rela menjual seluruh perhiasan sisa milik keluarga untuk memberangkatkan anak sulung dari 5 bersaudara itu menuju jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Arman pun akhirnya dapat meyakinkan orang tuanya bahwa keputusannya adalah yang tebaik. Dengan kerja keras,keuletan,kesabaran,doa dan tawakal, setelah 3 tahun jatuh bangun dengan lika-liku sebagai pengusaha, akhirnya keberhasilan itu mulai dapat dirasakannya. Mulai dari omset perusahaannya yang terus meningkat, sampai akhirnya dia dapat membuka cabang untuk mengembangkan usahanya di kota-kota lainnya. Prroduk butiknya dterima oleh masyarakat, toko buku dan pakaian muslimnya laris diburu pembeli, serta kios alat-alat tulisnya yang berhasil menyingkirkan pesaing lainnya. Kunci keberhasilan itu ternyata adalah senantiasa ikhlas,terlatihnya kesabaran,selalu bersemangat dan banyak bersyukur.

“Untung Allah mempertemukanku lagi dengan Arman, orang yang mampu meluruskan pola pikirku, setia menjadi motivatorku, penasehat dikala bimbang serta teman dikala kesulitan dan dibutuhkan.”kata Setya. “Dia adalah satu-satunya orang yang mampu mempengaruhiku untuk bekerja dari nol yang sebelumnya diriku terhalang oleh gengsi dan melupakan masa laluku yang suram.”lanjut Setya. Dengan bimbingan dari Arman, pada awalnya Setya menjadi karyawan di salah satu perusahaan Arman, kemudian karena kinerjanya yang terus meningkat, Arman mengangkatnya sebagai salah satu kepala perusahaannya. “Itu semua tak lepas dari kesabaranmu membimbingku, ketelatenanmu mengingatkan dan menasehatiku serta tentunya atas ijin dan rahmat Allah semata.”tambah Setya, yang ditenggarai mulai masuk pondok pada awal bekerjanya atas saran Arman. Perjuangan yang dilakukannya tidaklah mudah, dia berhasil merobohkan tembok gengsi yang selalu menghalangi, melewati jembatan godaan dalam merubah sikap,perilaku dan kebiasaan buruknya selama itu. Akhirnya sekarang ia pun dapat menikmati besarnya nikmat Allah melalui perjuangan kerasnya, namun dengan tetap bersikap sederhana, tidak sombong atau hidup glamour seperti dulu lagi.

Satu hal yang akan selalu diingatnya, perjuangan dan keberhasilan yang dilakoninya selama ini ternyata diinspirasi dan ditemani oleh seorang Arman, teman SMAnya dulu yang tidak lain dan tidak bukan adalah orang yang sering diejek,dicaci dan diperlakukan tidak sopan oleh Setya. Tapi apa yang telah dilakukan oleh Arman,tidak menunjukkan sikap dendam atau ingin membalas sama sekali, bahkan dia dengan ikhlas membantu Setya keluar dari masa sulitnya. “Sebenarnya aku sangat malu sekali jika mengingat apa yang telah aku lakukan kepada Arman ketika SMA, aku baru mengerti bahwa teman sejati bukanlah dilihat dari penampilan.”jelas Setya. Mendengar akhir cerita itu, teman-teman yang lain dapat lega dan bangga dengan apa yang telah dilakukan Armand an Setya. Terbuktilah bahwa perubahan ke arah kebaikan itu perlu dan mungkin terjadi meskipun harus disertai perjuangan keras. Dan janganlah kau menghina atau meremehkan orang lain, karena belum tentu engkau lebih baik darinya.

Category: Academic  124 Comments

RISALAH SYAHRI RAMADHAN

Oleh : Kholid bin Abdullah Al-Hamudiy

Saudaraku muslim dan muslimah…
Assalamu alaikum Warahmatullahi Wabarakatuhu

Kami sampaikan risalah ini kepada Anda dengan penuh kerinduan dan penghormatan. Kami sampaikan risalah ini dari lerung hati kami yang paling dalam, disertai luapan cinta kami kepada Anda karena Allah. Kita mohon kepada Allah yang Maha Perkasa agar Dia mempertemukan kami dan Anda kelak di Surga-Nya yang penuh dengan kenikmatan dan rahmat.

Saudaraku muslim dan muslimah…
Sehubungan dengan akan datangnya bulan Ramadhan, kami sampaikan sebuah nasihat sebagai sebuah hadiah yang berharga. Kami tidaklah membuat sesuatu yang baru dalam nasihat ini, melainkan sebagai suatu pengingatan yang insya Allah akan bermanfaat untuk orang-orang yang beriman. Kami harap, semoga Anda berkenan menerimanya dengan lapang dada dan mendoakan kita semua agar senantiasa dijaga, dibimbing oleh Allah Yang Maha Kuasa di jalan yang diridhoi-Nya.

Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala mengkhususkan bulan Ramadhan dari bulan-bulan yang lainnya. Diantara kekhususan dan keutamaan Ramadhan antara lain:

[1]. Bau mulut orang yang berpuasa, lebih harum di sisi Allah, daripada minyak wangi kesturi.
[2]. Para malaikat senantiasa mendoakan ampunan bagi orang yang berpuasa sampai ia berbuka puasa.
[3]. Dibukanya pintu-pintu surga dan ditutupnya pintu-pintu neraka.
[4]. Terdapat Lailatul Qodar, yaitu suatu malam yang lebih baik dari pada seribu bulan
[5]. Terdapat ampunan bagi orang yang berpuasa
[6]. Diikatnya syaithan

Saudaraku muslim dan muslimah…
Bagaimanakah kita menyambut bulan Ramadhan yang penuh dengan kekhususan dan keutamaan ini? Apakah disambut dengan perbuatan yang sia-sia? Begadang semalaman? Berfoya-foya? Naudzu billahi min dzalika.

Sesungguhnya hamba yang sholih akan menyambut kehadiran bulan Ramadhan ini dengan taubat yang murni kepada Allah, meminta ampunan kepada Allah dan bertekad kuat dan jujur, serta berupaya meningkatkan amal sholih dengan tetap mengharap pertolongan Allah agar Dia memudahkan kita untuk beribadah kepada-Nya.

Saudaraku muslim dan muslimah…
Berikut ini adalah beberapa amal sholih yang wajib dikerjakan atau sangat dianjurkan dilakukan:

[1]. BERPUASA
Dalam sebuah hadits qudsi yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Imam Muslim, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

”Artinya : Setiap amal manusia adalah untuk dirinya, satu perbuatan baik akan dibalas dengan sepuluh kebaikan sampai tujuh ratus kali lipat, kecuali puasa. Sesungguhnya puasa itu untuk Aku dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Orang yang berpuasa meninggalkan nafsu syahwatnya, makanannya, minumannya untuk Aku. Orang yang berpuasa memiliki dua kebahagian, yaitu kebahagian saat berbuka puasa dan kebahagiaan saat berjumpa dengan Tuhannya. Sungguh bau mulut orang yang sedang berpuasa itu lebih harum di sisi Allah daripada harumnya minyak wangi kesturi.”

Rasululloh Shalallahu alaihi wa sallam bersabda.

”Artinya : Barang siapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh keimanan dan berharap pahala Allah, maka diampuni dosa-dosanya di masa lalu.” [Hadits Riwayat Imam Bukhori dan Imam Muslim]

Saudaraku muslim dan muslimah…
Tidak diragukan lagi bahwa balasan yang sangat agung tersebut tidaklah diberikan kepada orang yang sekedar meninggalkan makanan atau minuman saja! Akan tetapi hanya sebagaimana sabda Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam :

”Artinya : Barang siapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta dan keji serta amal perbuatan keji, maka Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak membutuhkan puasanya yang sekedar meninggalkan makanan dan minuman” [Hadits Riwayat Imam Bukhori]

Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam bersabda.

”Artinya : Puasa itu perisai, maka apabila seseorang berpuasa, hendaklah dia tidak berbuat rofats (perbuatan yang menjurus kepada hubungan seksual), tidak berbuat kefasikan, tidak berbuat suatu kebodohan. Apabila seseorang mencaci makinya, hendaklah dia mengatakan: Saya sedang berpuasa!” [Hadits Riwayat Imam Bukhori dan Imam Muslim]

Saudaraku muslim dan muslimah…
Bila Anda berpuasa, maka hendaknya puasa pula pendengaran, penglihatan dan lisan Anda, serta berpuasalah seluruh anggota tubuh Anda! Janganlah keadaan Anda saat berpuasa sama dengan keadaan Anda ketika tidak berpuasa!

[2]. QIYAMU RAMADHAN YAITU SHALAT TARAWIH
Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam bersabda :

”Artinya : Barang siapa yang mendirikan Qiyamu Ramadhan dengan penuh keimanan dan berharap pahala Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” [ Hadits Riwayat Imam Bukhori dan Imam Muslim]

Ada sebuah peringatan penting, yaitu hendaknya kita menyempurnakan shalat tarawih berjama’ah di masjid bersama imam shalat, agar kita dicatat sebagai orang-orang yang mendirikan qiyamu Ramadhan, sebagaimana sabda Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam :

”Artinya : Barang siapa yang mendirikan qiyamu Ramadhan bersama Imamnya sampai selesai, maka dicatat baginya pahala Qiyamu Ramadhan semalam penuh’ [ Hadits Riwayat Ahlus Sunan]

[3]. BERSEDEKAH
Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasalam adalah orang yang paling dermawan, dan beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadhan. Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam bersabda:

”Artiya : Seutama-utama sedekah adalah sedekah di bulan Ramadhan” [Hadits Riwayat Tirmidzi].

Diantara bentuk-bentuk sedekah di bulan Ramadhan adalah:

[a]. Memberi makanan
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

”Artinya : Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan orang yang ditawan. Sesungguhnya kami memberi makanan kepadamu hanyalah untuk mengharapkan keridhaan Allah, kami tidak menghendaki balasan dari kamu dan tidak pula (ucapan) terima kasih. Sesungguhnya kami takut akan (azab) Tuhan kami pada suatu hari yang (di hari itu) orang-orang bermuka masam penuh kesulitan. Maka Tuhan memelihara mereka dari kesusahan hari itu, dan memberikan kepada mereka kejernihan (wajah) dan kegembiraan hati. Dan dia memberi balasan kepada mereka Karena kesabaran mereka (dengan) surga dan (pakaian) sutera”. [Al-Insan : 8 – 12]

Sesungguhnya salafus shalih (generasi pendahulu umat Islam yang shalih] amat bersemangat untuk memberikan makanan baik kepada yang membutuhkan atau kepada teman yang shalih, melebihi semangat menjalankan amal yang lainnya.

Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam bersabda:

”Artinya : Seorang mukmin yang memberikan mukmin yang lapar maka kelak Allah akan memberi makan kepadanya dari buah-buahan surga, dan barang siapa yang memberi minum seorang mukmin, maka kelak Allah akan memberi air minum dari surga” [Hadit Hasan Riwayat Tirmidzi].

Sebagian salafus shalih ada yang memberikan makanan kepada saudara-saudaranya kaum muslimin, padahal dia sendiri berpuasa, mereka tidak sekedar memberi makanan, tetapi juga turut duduk sambil berkhidmat (melayani) kebutuhan mereka.

[b]. Memberi Makan Orang Berbuka Puasa
Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasalam bersabda:

”Artinya : Barang siapa yang memberi makan orang yang berbuka puasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tanpa mengurangi sedikitpun pahala orang berpuasa tadi.” [Hadits Riwayat Imam Ahmad, An Nasa’i dan dishahihkan oleh Syaikh Al Albani rahimahullah]

[4]. BERSUNGGUH-SUNGGUH DALAM MEMBACA AL-QUR’AN AL-KARIM, MEMPELAJARI TAFSIRNYA DAN MEMAHAMINYA
Saudaraku muslim dan muslimah…
Bersungguh-sungguhlah dalam membaca Al Qur’an Al- Karim. Bacalah dengan penuh tadabur dan kekhusyuan. Sesungguhnya salafus sholih, semoga Allah merahmati mereka, benar-benar tersentuh hatinya dan terpengaruh dengan Al Qur’an Al-Karim. Dalam sebuah hadits riwayat Imam Baihaqi dari sahabat Abu Hurairoh, semoga Allah meridloinya, beliau berkata: ”Ketika turun ayat Al Qur’an :

”Maka apakah kamu merasa heran terhadap pemberitaan ini? Dan kamu mentertawakan dan tidak menangis?” [An-Najm : 59-60]

Ahlus Sufah (para shahabat Nabi yang tinggal di Masjid Nabawi) menangis, berlinang air matanya. Ketika Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam mendengarnya, maka beliau pun turut menangis. Kami (para shahabat Nabi) pun menangis karenanya. Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam bersabda: ”Tidak akan disentuh api neraka, orang yang menangis karena takut kepada Allah”.

[5]. TETAP DUDUK DI MASJID SETELAH SHALAT SHUBUH BERJAMA’AH SAMPAI TERBIT MATAHARI
Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam senantiasa duduk di tempatnya setelah shalat shubuh sampai terbit matahari. [Hadits Riwayat Imam Muslim]

Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam bersabda:

”Artinya : Barang siapa yang shalat subuh berjama’ah lalu tetap duduk setelahnya, berdzikir kepada Allah sampai matahari terbit, lalu dia sholat dua raka’at maka dia mendapat pahala seperti pahala haji dan umrah sempurna, sempurna, sempurna” [Hadits Riwayat Tirmidzi, dishahihkan oleh Syaikh Al Albani rahimahullah]

Saudaraku muslim dan muslimah…
Besarnya pahala yang Allah berikan atas amalan tersebut adalah amal yang dilakukan di hari-hari biasa, maka apalagi seandainya amal tersebut dikerjakan di bulan Ramadhan?

Marilah kita shalat shubuh berjama’ah di masjid, lalu setelahnya membaca dzikir atau wirid sesudah shalat, lalu membaca dzikir pagi dan sore yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam, atau membaca Al-Qur’an Al-Karim sampai terbit matahari, lalu setelah terbit matahari, shalat sunat dua raka’at. Sungguh Allah telah menjanjikan pahala yang besar, seperti pahala haji dan umrah!

[6]. I’TIKAF
Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam senantiasa i’tikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, dan di tahun terakhir sebelum wafatnya, beliau beri’tikaf selama dua puluh hari terakhir bulan Ramadhan. [Hadits Riwayat Imam Bukhori]

I’tikaf sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan yaitu berdiam diri di masjid, tidak keluar dari masjid sampai malam Iedul Fithri dengan melaksanakan berbagai amal ketaatan kepada Allah seperti shalat wajib berjamaah, shalat sunat, memperbanyak berdoa, berdzikir, beristighfar, bertobat, membaca Al-Qur’an Al-Karim dan amal sholih lainnya.

[7]. UMRAH DI BULAN RAMADHAN
Umrah di bulan Ramadhan memiliki pahala yang amat besar, bahkan sama dengan pahala haji. Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam bersabda:

”Artinya : Umrah di bulan Ramadhan menyamai haji atau haji bersamaku” [Hadits Riwayat Imam Bukhori]

Tetapi wajib diketahui, meskipun umrah di bulan Ramadhan berpahala menyamai haji, tetapi ia tidak bisa menggugurkan kewajiban haji bagi orang wajib melakukannya.

Demikian pula halnya shalat di Masjidil Haram di Mekah dan shalat di Masjid Nabawi di Madinah pahalanya dilipatgandakan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala .

Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala memudahkan kita untuk dapat umrah di bulan Ramadhan, sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

[8]. MENCARI LAILATUL QADAR
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

”Artinya : Sesungguhnya kami Telah menurunkannya (Al Quran) pada Lailatul Qodar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar” [Al-Qodr: 1-5]

Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam bersabda:

”Artinya : Barang siapa yang mendirikan qiyamu lail pada saat Lailatul Qodar karena iman dan mengaharap pahala Allah, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. [Hadits Riwayat Imam Bukhori dan Imam Muslim]

Adapun qiyamu lail yang dimaksud adalah menghidupkan malam tersebut dengan shalat tarawih, membaca Al -Qur’an Al-Karim, berdoa, berdzikir, beristighfar dan bertobat kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala .

Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam senantiasa berusaha kuat untuk mendapatkan malam lailatul qodar. Beliau memerintahkan para shahabatnya untuk mendapatkan malam lailatul qodar. Beliau pun membangunkan keluarganya pada malam-malam sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan dengan harapan agar mendapatkan malam lailatul qodar. Malam lailatul qodar terjadi pada suatu malam diantara malam-malam ganjil di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

Ummul Mukminin, Aisyah, semoga Allah meridloinya, pernah bertanya kepada Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam : Wahai Rasulullah, bila aku mendapati malam lailatul qodar, doa apakah yang sebaiknya saya baca? Maka Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam bersabda: Bacalah

“Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibul al-afwa fa’ fu ‘anniy” :
Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun, dan suka untuk memberi ampunan, maka ampunilah aku ” [Hadits Riwayat Imam Ahmad, Tirmidzi dan dishahihkannya]

[9]. MEMEPERBANYAK DZIKIR, DO’A DAN ISTIGHFAR
Saudaraku muslim dan muslimah…
Siang dan malam hari di bulan Ramadhan adalah waktu yang memiliki keutamaan, maka isilah dengan memperbanyak dzikir, doa, istighfar, khususnya di waktu-waktu tertentu dikabulkannya doa, antara lain yaitu:

[a]. Saat berbuka puasa. Bagi orang yang berpuasa ketika berbuka puasa memiliki doa yang tidak akan ditolak oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala
[b]. Sepertiga malam yang terakhir, saat Allah Subhanahu Wa Ta’ala turun ke langit dunia.
[c]. Beristighfar di waktu sahur. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
”Artinya : Dan selalu memohonkan ampunan diwaktu pagi sebelum fajar.” [Adz- Dzariyat: 18]
[d]. Mencari suatu saat dikabulkannya doa di hari Jum’at, yaitu di suatu waktu antara ashar dan maghrib di hari Jum’at.

Saudaraku muslim dan muslimah…
Ada beberapa perbuatan yang harus kita tinggalkan atau jauhi baik di luar Ramadhan, terlebih lagi di bulan Ramadhan, diantaranya:

[1]. Menjadikan malam seperti siang dan menjadikan siang seperti malam. Maksudnya di malam hari dihabiskan untuk bergadang, mengobrol, menonton TV atau perbuatan sia-sia lainnya. Sementara di siang hari dihabiskan untuk tidur.
[2]. Tidur di sebagian waktu shalat wajib.
[3]. Berlebih-lebihan dalam makanan dan minuman
[4]. Terlalu dini makan sahur, lalu tertidur saat waktu shalat shubuh sehingga tidak shalat shubuh berjama’ah di masjid.
[5]. Berbohong dan berbuat perbuatan sia-sia diantaranya bermain petasan atau lainnya.
[6]. Menyia-nyiakan waktu
[7]. Berkumpul bersama teman-teman untuk kegiatan yang sia-sia, menggunjing, gosip dan semisalnya
[8]. Kaum wanita menghabiskan sebagian besar waktunya untuk memasak makanan.

Saudaraku muslim dan muslimah…
Ketahuilah bahwa hal yang tak kalah pentingnya adalah ikhlas! Betapa banyak orang yang berpuasa tidak mendapatkan apa-apa selain lapar dan dahaga! Betapa banyak orang yang mendirikan shalat tarawih tidak mendapatkan apa-apa selain cape dan letih! Kita berlindung kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dari hal demikian. Oleh karena itu Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam menekankan dalam banyak sabdanya : ” Dengan keimanan dan mengharap pahala Allah”. Kita mohon kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala agar menganugerahkan keikhlasan dalam ucapan, amalan kita, baik ketika sendirian maupun bersama orang banyak. Ya Allah, kabulkan permohonan kami ini.

Saudaraku muslim dan muslimah…
Perhatikanlah nikmat usia dan kesehatan yang Allah karuniakan kepada kita! Sungguh umur kita terbatas! Pernakah Anda berfikir, mana orang-orang yang tahun lalu berpuasa Ramadhan bersama kita? Kemanakah orang-orang yang tahun lalu shalat tarawih bersama kita? Sebagian mereka ada yang sudah dijemput oleh malaikat maut! Sebagian lagi terbaring sakit! Sehingga mereka tidak kuat berpuasa dan shalat tarawih. Maka pujilah Allah! Bersyukurlah kepada Allah, wahai Saudaraku!

Berbekalah mulai sekarang juga! Sungguh, sebaik-baik bekal adalah taqwa!

Ya Allah, anugerahkanlah kepada kami kesempatan untuk berpuasa Ramadhan dan mendirikan Qiyamu Ramadhan, dan jadikanlah kami di bulan Ramadhan orang-orang yang diterima amalan-amalannya dan jadikanlah kami di bulan Ramadhan orang-orang yang dibebaskan dari api neraka. Amin.

Semoga shalawat dan salam tercurah kepada Nabi Muhammad, keluarganya dan para shahabatnya. Akhir doa kami adalah Alhamdulillahi rabbil ’alamin.

Wassalamu alaikum Warahmatullahi Wabarakatuhu

[Diterjemahkan (dengan penyesuaian) dari buletin ”Risalah Syahri Ramadhan” karya Kholid bin Abdullah Al Hamudiy oleh Bukit Adhinugraha, Bogor 16 Sya’ban 1428 Hijriyah]

Category: Academic  117 Comments

Awali dgn “lafadz” ya baik..

Segala sesuatu yang diimpikan akan berjalan denggan baik, dan yang terpenting berakhir pula dengan sangat baik, maka perlu bahkan sangat perlu dan menjadi syarat yang ke satu yaitu awali lah dengan sesuatu yang baik pula..

Category: Academic  1,566 Comments